Perempuan Islami Dan Pengacara Berintegritas Dialah Ina Rachman

Dalam dunia hukum, pengacara dikenal sebagai profesi yang Officium Nobile yakni profesi mulia yang memberikan jasa berupa bantuan hukum kepada klien. Pengacara adalah pekerjaan yang sangat menantang. Profesi ini cocok bagi pria dan wanita yang menikmati adu argumentasi secara sehat. Salah satunya adalah Ina Rachman, beliau merupakan perempuan Islami yang sukses berkarir sebagai pengacara.

Dalam sistem pemerintahan kita mengenal legislative, Yudikatif dan eksekutif. Dalam yudikatif atau kekuasaan, peran advokat atau pengacara sangat penting termasuk peran dari instansi lain seperti kejaksaan dan kepolisian. Saat ini ada persepsi yang salah tentang tugas dan tanggung jawab dari seorang pengacara. Banyak orang yang berpendapat, tugas pengacara adalah memenangkan klien.

Dalam pengadilan kebenaran akan diuji dan tugas pengacara bukan untuk membenarkan sesuatu yang salah. Tugas dari seorang pengacara adalah untuk mendampingi klien yang telah menunjuknya dan memastikan klien tersebut mendapatkan haknya dalam proses hukum yang sedang dijalankan. Sesuai dengan keahlian yang dimilikinya, pengacara memberikan saran dan pendapat hukum yang dibutuhkan.

Profesi pengacara adalah profesi yang memerlukan tingkat intelektualitas yang tinggi. Sebelum kamu memutuskan menjadi seorang pengacara, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa tugas-tugas yang harus dilakukan oleh seorang pengacara. Berikut tugas seorang pengacara:

  • Melakukan wawancara terhadap klien sehubungan dengan kasus yang dihadapinya
  • Mempersiapkan, meneliti dan menghadirkan berkas di sebuah pengadilan.
  • Untuk kasus perdata, pengacara menulis dokumen hukum berupa pembelaan terhadap klien
  • Mewakili klien di pengadilan, persidangan, arbitrase, konpers dll.
  • Melakukan negosiasi
  • Menanyai saksi

Salah satu pengacara yang sukses menjalankan tugas-tugasnya adalah Ina Rachman. Perempuan bernama lengkap Ina Herawati Rachman SH, MH ini adalah seorang perempuan Islami yang menduduki posisi sebagai founder dan director manager dari Ina Rachman-Mulyaharja Associates Maestro Patent Internasional yang berkantor di daerah Jakarta Utara.

Ina Rachman adalah sosok perempuan Islami yang bukan saja sukses sebagai seorang pengacara, tetapi juga seorang aktivis perempuan yang selalu membela hak-hak perempuan yang tertindas. Beliau sering diminta untuk menjadi narasumber di berbagai acara yang mempromosikan kesetaraan gender.